Cara membuat git server sendiri di ubuntu 20.04


 Hallo teman-teman semuanya kembali lagi bersama dengan saya di blog kita bersama, kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat git server sendiri di ubuntu 20.04.

Seperti yang kita ketahui bahwa git (version control) biasanya digunakan oleh para kalangan developer untuk mengupload / push  source aplikasi yang telah mereka buat ke dalam suatu git server yang sering kita kenal seperti github, bitbucket, dan lain-lain. dan selain itu git juga biasanya digunakan oleh kalangan developer untuk melakukan kolaborasi pembangunan sebuah aplikasi dengan para developer lainya. 

Nahh pada pembahasan kali ini kita akan membuat sebuah git server sendiri, yang dimana tujuannya ialah untuk mempermudah para developer untuk mengupload aplikasi yang sudah dibangun ke dalam sebuah server internal yang sudah kita siapkan. nahh pertanyaanya kenapa harus membuat git server sendiri? selain alasan keamanan disini juga untuk menjaga semua sumber daya teknologi yang ada di dalam sebuah kantor terjaga privasinya.

oke tanpa berlama-lama mari kita lanjutkan cara pembuatanya

A. Langkah 1. Install Git

Hal yang pertama kita lakukan ialah pastikan git sudah terinstal baik di server ubuntu 20.04 maupun di komputer client, untuk dapat menginstall git di server ubuntu 20.04 silahkan jalankan perintah berikut ini :

sudo apt update && sudo apt install git 

setelah menjalankan command diatas silahkan cek versi git yang terinstall dengan menjalankan perintah berikut ini : 

git --version 


jika tampilan di terminal anda sama seperti gambar diatas maka git sudah berhasil terinstall di server

B. Konfigurasi ssh 

selanjutnya disini kita akan melakukan konfigurasi ssh untuk proses authentication git server kita, sebelum masuk ke dalam konfigurasi silahkan install terlebih dahulu ssh di server maupun di client teman-teman semuanya, untuk cara menginstallnya di server silahkan jalankan perintah dibawah ini :

sudo apt install openssh-server

selanjutnya cek apakah ssh sudah terinstal di server teman-teman semuanya dengan cara menjalankan perintah berikut ini :

sudo systemctl status ssh 

jika tampilan terminal teman-teman sudah ama seperti gambar diatas maka ssh sudah terinstal di server teman-teman semuanya.

selanjutnya kita akan membuat user baru dengan nama git , silahkan ikuti comman berikut ini untuk membuat user baru di server kita.

sudo adduser git 


pada saat membuat user baru di server, anda akan diminta untuk membuat password dan detail user, anda bisa menyesuaikan sesuai dengan keinginan teman-teman semuanya,

Check user baru yang dibuat 

sudo cat /etc/passwd | grep git



setelah membuat user baru selanjutnya silahkan login ke user yang baru saja kita buat, dengan cara menjalankan command berikut init :

su git 

masuk ke directory user baru 

cd 

selanjutnya kita membuat sebuah file konfigurasi ssh di server git (nama user baru)

mkdir .ssh

membuat file authority 

touch ./ssh/authorized_keys



selanjutnya kita akan beralih ke komputer client, pastikan di komputer client sudah terinstall ssh 

1. Membuat public key 

ssh-keygen -t rsa -C "user@hostname on userserver@ipserver"

    Pada saat membuat id dan publick key anda akan diminta untuk membuat nama id dan password, disini teman-teman bisa membuatnya sesuai dengan keinginan teman-teman semuanya namun saya sendiri membiarkannya secara default dengan menekan tombol enter sampai dengan selesai.

2. copy public key ke server

ssh-copy-id userserver@ipserver


setelah anda menjalankan command diatas maka anda akan diminta untuk memasukkan password dari user server anda, silahkan masukkan password server teman-teman semuanya. 

3. tambahkan config file ssh

- nano ~/.ssh/config

setelah menjalankan command diatas selanjutnya silahkan copy code dibawah ini kedalamnya dan silahkan sesuaikan ipserver & Userserver , lalu simpan dengan cara ctrl + x, enter

Host git-local.com

    Hostname ipserver

    User userserver

    PubKeyAuthentication yes

    IdentityFile ~/.ssh/id_rsa


C. Membuat repositori di git server

setelah melakukan konfigurasi ssh baik di client maupun di server, selanjutnya kita akan membuat repository baru di git server yang baru saja kita dengan cara berikut ini :

silahkan masuk kembali ke server yang baru saja kita konfigurasi dan jalankan perintah-perintah dibawah ini 

1.Membuat folder  repositori

mkdir repositori

2. masuk ke folder repositori

cd repositori

3. inisialisasi repositori

git init --bare

4. setting konfigurasi git repositori

git config --bool core.bare true


D. Testing Git server

setelah membuat repositori selanjutnya kita akan menguji coba pada komputer client, silahkan jalankan perintah berikut ini di komputer client :

clone git repositori

git clone userserver@git-local.com:/home/userserver/repositori



Membuat file 

cd repositori

echo "FIle pertamaku belajar git " > filepertamaku.txt


Check Status

git status


add config user & email

git config --global user.email "client@gmail.com"

git config --global user.name "clientname"


add & commit 

git add .

git commit -m "First Commit"


push to repositori server

git push -u origin master


sampai disini kita sudah selesai membuat git server di ubuntu 20.04, jika teman-teman ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar, sekian dan terimakasih..

0 Komentar