Cara Install Jenkins di ubuntu 20.04



Hallo teman-teman semuanya, kembali lagi bersama dengan saya di blog kita bersama kali ini kita akan membahas mengenai cara install jenkins di ubuntu 20.04. bagi teman-teman yang belum tahu apa itu jenkins simak penjelasan singkat berikut ini :

Jenkins merupakan otomatisasi server berbasis open source yang dibangun menggunakan bahasa pemrigraman java. Jenkins biasanya banyak digunakan pada proses Continuous Integration & Continuous Delivery atau yang sering kita dengar ialah CI / CD.

sekarang teman-teman sudah tahu apa itu jenkins, selanjutnya tanpa berlama-lama kita langsung masuk ke langkah-langkah install jenkins di ubuntu 20.04 

Langkah 1. Menambahkan key Jenkins ke sistem

untuk menambahkan key jenkins ke sistem, silahkan jalankan perintah dibawah ini ke dalam terminal teman-teman semuanya :

$ curl -fsSL https://pkg.jenkins.io/debian-stable/jenkins.io-2023.key | sudo tee \  /usr/share/keyrings/jenkins-keyring.asc > /dev/null



Langkah 2. Menambahkan repositori ke dalam apt list

Jalankan Perintah dibawah ini untuk menambahkan repository jenkins ke apt list sistem

$ echo deb [signed-by=/usr/share/keyrings/jenkins-keyring.asc] \  https://pkg.jenkins.io/debian-stable binary/ | sudo tee \ /etc/apt/sources.list.d/jenkins.list > /dev/null


Langkah 3. Update repository sistem ubuntu 

selanjutnya kita akan melakukan update sistem ubuntu dengan menjalankan perintah dibawah ini :

$ sudo apt update



Langkah 4. Install Fontconfig dan openjdk

Selanjutnya kita akan menginstall fontconfig dan openjdk dan kebetulan disini kita akan menggunakan openjdk versi 11 

$ sudo apt install fontconfig openjdk-11-jre



Langkah 5. Install Jenkins

setelah kita menginstall fontconfig dan openjdk11 yang terdapat pada langkah 4, selanjutnya kita akan menginstall jenkins, silahkan jalankan perintah dibawah ini :

$ sudo apt install jenkins




Langkah 6. Start dan cek status jenkins


Setelah proses instalasi jenkins selesai selanjutnya kita akan menjalankan service jenkins beserta kita akan memeriksa statusnya

$ sudo systemctl start jenkins && sudo systemctl status jenkins



Langkah 7. Mengambil key jenkins untuk konfigurasi lanjutan


Jika status jenkins sudah menampilkan active seperti terlihat pada gambar di langkah 6, maka proses instalasi jenkins telah berhasil dan layanan jenkins juga sudah berjalan di sistem ubuntu kita, selanjutnya kita akan mengambil key jenkins untuk keperluan konfigurasi lanjutan jenkins, silahkan jalankan perintah dibawah ini dan copy hasil yang ditampikanya :

$ sudo cat /var/lib/jenkins/secrets/initialAdminPassword


Langkah 8. Konfigurasi jenkins

selanjutnya kita akan melakukan konfigurasi awal untuk jenkins, silahkan buka web browser teman-teman semuanya, bisa menggunakan mozila firefox, chrome dan lain-lain. 

silahkan akses url http://localhost:8080 atau http://ip-server:8080 untuk ip-server silahkan sesuaikan dengan kondisi komputer teman-teman semuanya, secara default jenkins berjalan pada port 8080, jika teman-teman menggunakan firewall, harap diperhatikan apakah port 8080 di izinkan atau tidak.

jika teman-teman mengakses salah satu url diatas maka teman-teman akan dihadapkan dengan tampilan seperti dibawah ini :


url tersebut akan mengarakan kita ke halaman unlock jenkins, silahkan copy key yang terdapat pada langkah 7, lalu pastekan ke dalamn inputan adminstrator password lalu langkah selanjutnya klik tombol continue

jika key yang anda masukkan sesuai maka anda akan diarahkan ke halaman plugins jenkins yang terlihat seperti gambar dibawah ini :


disini langsung saja kita pilih install suggested plugins  seperti terlihat pada gambar diatas, dan selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman berikut ini :


pada halaman diatas teman-teman cukup menunggu proses instalasi plugins selesai dan jika proses instalasi selesai maka teman-teman akan secara otomatis diarahkan ke halaman membuat akun untuk admin seperti terlihat pada  gambar dibawah ini :


silahkan isi username, password dan email address teman-teman semuanya, dan jika dirasa sudah benar silahkan klik tombol save and continue.

jika teman-teman sudah membuat akun admin, selanjutnya teman-teman akan diarahkan ke halaman berikut ini :


disini teman-teman dapat menyesuaikan untuk url jenkins, apakah mau diganti ip address, host atau port. jika ingin menggunakan default silahkan langsung pilih tombol  save and finish.


setelah anda menyelesaikan semua proses konfigurasi awal jenkins, maka proses akhir akan dihadapkan ke halaman tampilan utama dashboard jenkins seperti terlihat pada gambar diatas.

sampai disini proses instalasi jenkins pada ubuntu 20.04 telah berhasil dilakukan, selanjutnya jika teman-teman memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar.

sekian dan terimakasih...

0 Komentar